Media Pembelajaran Bahasa Inggris SD Menggunakan Flash Card dan Cara Mengajarnya » Belajar Bahasa Inggris
Situs ini mengimpun berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran atau penerapan bahasa inggris. Dan kali ini kita akan coba membahas mengenai Media Pembelajaran Bahasa Inggris SD Menggunakan Flash Card dan Cara Mengajarnya. Anda tertarik untuk mengetahuinya? Bila demikian adanya, sepertinya tak ada salahnya jika Anda melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai supaya bisa memahami dengan baik. Oke, tidak usah berlama-lama yuk langsung kita simak saja ulasan lengkapnya dibawah ini.
Pembahasan Lengkap Media Pembelajaran Bahasa Inggris SD Menggunakan Flash Card dan Cara Mengajarnya
Media Pembelajaran Bahasa Inggris SD Menggunakan Flash Card dan Cara Mengajarnya – Bingung hari ini mau mengajar menggunakan media apa dan bagaimana metodenya? Berikut ada langkah-langkah mengajar menggunakan Flash Card. 🙂
Media yang digunakan: Flash Card
Tujuan: mengajarkan Kosa kata baru
Pengertian: Flash card adalah suatu jenis media yang digunakan sebagai alat bantu dalam pengajaran bahasa Inggris. Bentuknya berupa gambar pada kartu, yang digunakan untuk membantu guru mengajarkan bahasa Inggris melalui permainan yang menyenangkan dalam hal pembelajaran kata-kata, angka, ejaan, dan pengucapannya. Media ini dapat digunakan dengan berbagai macam cara sehingga guru harus lebih kreatif dalam menggunakanya dan juga harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan karena pada dasarnya anak-anak SD menyukai kegiatan belajar yang menyenagkan daripada belajar yang terlalu serius.
Langkah 1: Gambar-gambar yang ada di dalamnya dapat disesuaikan dengan bahan materi yang akan diajarkan pada siswa. Misalnya, jika guru ingin mengajarkan vocabulary baru mengenai Musim, hal pertama yang harus disiapkan oleh guru adalah gambar-gambar berbagai musim seperti musim panas, salju, gugur, dan lain-lain yang dimuat dalam Flash Card.
Langkah 2: Kemudian setelah card tentang musim telah terkumpul semua, ia memvisualisasikan gambar-gambar tersebut kepada siswa di depan kelas. Proses ini dilakukan dengan cara menjelaskan satu-persatu gambar tersebut kepada siswanya dan juga memberitahu arti kata itu dalam bahasa Inggris. Proses penjelasan ini dilakukan berkali-kali dengan kecepatan yang semakin cepat. Contohnya, pertama guru menjelaskan gambar Musim salju dengan mengatakan Autumn, gambar musim panas dengan mengatakan Summer dan seterusnya yang diikuti oleh siswa. Kemudian guru mengulangi lagi penjelasan tadi dengan semakin cepat. Setelah itu guru memvisualisasikan gambar tersebut tanpa menjelaskan apapun dan membiarkan siswanya menebak gambar apa itu.
[sc:kodeadsense]Langkah 3: Setelah menjelaskan gambar-gambar tadi, guru menempelnya di papan tulis, dengan ditutupi oleh selembar kain atau kertas. Kemudian ia meminta siswa untuk menebak gambar apa atau musim apa itu dengan cara membukanya perlahan-lahan agar siswa menjadi penasaran untuk menebaknya. Usahakan guru menciptakan atmosphere atau suasana yang menyenangkan misalnya dengan menjanjikan hadiah untuk siswa yang menjawab dengan benar atau memberikan hukuman bagi siswa yang menjawab salah.
Langkah 4: Setelah selesai dengan proses di atas, guru bisa mencoba variasi kegiatan yang lain untuk menguatkan ingatan siswa tentang kosakata baru yang telah mereka dapat. Kali ini flash card tersebut tidak di tutupi dengan kertas atau kain. Melainkan guru menunjuk flash card tersebut secara acak dan meminta siswa untuk menebaknya. Hal ini dilakukan terus menerus dan semakin cepat agar siswa juga dapat berfikir dengan cepat.
Langkah 5: Dengan menggunakan teknik drilling di dalam metode ALM (Audio Lingual Method) seperti cara-cara di atas. Siswa dapat belajar vocabulary dengan cara mengetahui kata-kata tersebut melalui penalaran yaitu dengan cara melihat gambar kemudian menghubungkannya. Tidak seperti menghafal, tekhnik penalaran ini akan membuat kosakta baru yang telah dipelajari tersimpan di dalam otak dalam jangka waktu yang lama daripada hanya sekedar meghafal tanpa penalaran.
Tips untuk guru:
Guru dianjurkan untuk menyiapkan Flash Card yang colorful, menarik, dan berukuran besar. Penggunaan Flash Card sebagai media pembelajaranpun ada kelemahannya yaitu media ini hanya akan menarik sebagian siswa yang gaya belajarnya Visual. Oleh karena itu guru harus bisa mengkondisiakan kelas itu dengan cara menciptakan kegiatan belajar yang lebih menyenangkan untuk menarik sisiwa-siswa yang gaya belajarnnya Kinetik dan Mekanik.
Itulah ulasan tentang Media Pembelajaran Bahasa Inggris SD Menggunakan Flash Card dan Cara Mengajarnya yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Harapan kami uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terutama untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs belajarbahasainggrisi. blogspot. com (BBI) serta membaca ulasan diatas hingga selesai. Jangan lupa bahagia dan sampai jumpa di materi bahasa inggris lainnya. ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Comments
Post a Comment