Tips dan Cara Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Inggris » Belajar Bahasa Inggris
Situs ini mengimpun berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran atau penerapan bahasa inggris. Dan kali ini kita akan coba membahas mengenai Tips dan Cara Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Inggris. Anda tertarik untuk mengetahuinya? Bila demikian adanya, sepertinya tak ada salahnya jika Anda melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai supaya bisa memahami dengan baik. Oke, tidak usah berlama-lama yuk langsung kita simak saja ulasan lengkapnya dibawah ini.
Pembahasan Lengkap Tips dan Cara Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Inggris
Menulis surat resmi dalam bahasa inggris membutuhkan pengetahuan khusus karena ada aturan-aturan tertentu yang harus kita terapkan saat ingin membuat sebuah surat yang bersifat formal dengan bahasa inggris. Kita harus memahami format penulisan surat resmi bahasa inggris karena membuat surat resmi tidaklah sembarangan seperti halnya membuat surat pribadi untuk teman atau pacar yang tidak ada aturan khusus di dalam pembuatannya. Untuk itu, di sini akan saya kemukakan beberapa tips dan cara menulis surat resmi dalam bahasa inggris agar anda dapat membuat sebuah surat resmi berbahaas inggris dengan baik dan benar.
Di dalam bahasa inggris, surat resmi dikenal dengan sebutan “formal letters atau business letters”. Meskipun tidak selamanya surat resmi digunakan dalam keperluan bisnis saja. Surat resmi bahasa inggris biasanya ditulis dengan:
Objektif
Ditulis dengan tujuan tertentu yang jelas dan terarah misalnya untuk melamar pekerjaan, permintaan kerjasama, perizinan, dsb.
To the point
Surat resmi haruslah to the point artinya tidak bertele-tele sehingga penerima surat bisa langsung memahami maksud dan tujuan dari isi di dalam surat tersebut.
Format khusus
Surat resmi memiliki aturan atau format khusus sehingga struktur surat tersebut berbeda dengan surat tak resmi/informal letters.
Rata Kiri
Surat resmi harus ditulis dengan aturan rata kiri.
Struktur penulisan surat resmi dalam bahasa inggris
Ketika anda menulis sebuah surat formal, sangat penting bagi anda untuk mengikuti aturan-aturan yang ada di bawah ini karena ini merupakan sebuah aturan resmi yang menjadi ciri dari sebuah surat resmi yang memenuhi standard professional.
1. Mulailah dengan menulis nama dan alamat anda . Bila perlu tambahkan alamat email dan juga nomor telepon sebagai informasi penunjang. Contohnya:
Gilang Jaka Pramana
Ridwan Rais Street No. 4a,
Bandar lampung, 35143
(0721) 753 45xxx
Gilangjp@xxxmail.com
2. Beri satu spasi, kemudian tuliskan tanggal. Bulan harus dituliskan dengan alfabet diikuti dengan tanggal dan tahun. Contohnya:
December 12, 2012
September 07, 1991
January 01, 1985
3. Beri satu spasi lalu kemudian tuliskan alamat penerima. Dimulai dengan nama penerima, nama instansi/lembaga/perusahaan, kemudian alamat. Contohnya:
Forest Gump
Lampung university
Gedung meneng
Bandar lampung, 35141
4. Beri jarak satu spasi lalu tuliskan salam pembuka (salutation). Contoh salam pembuka yang baik adalah:
Dear Mr. Forest Gump
Dear Sir atau Dear Madam
5. Setelah salam pembuka, biasanya dituliskan subject atau tujuan dari surat tersebut secara singkat, padat, dan jelas. Misalnya:
SUB: details of hostel facilities and fees
6. Barulah setelah itu dituliskan isi dari surat resmi tersebut. Isi dari surat resmi haruslah jelas logis dan berkesinambungan dan menjelaskan tujuan dari penulisan surat tersebut. Misalnya ketika anda ingin menanyakan informasi mengenai lowongan pekerjaan, maka anda harus menyebutkan hal-hal yang ingin anda ketahui melalui surat tersebut.
7. Pada bagian akhir jangan lupa untuk menuliskan salam penutup ataupun ucapan terimakasih, misalnya:
Yours faithfully/respectfully/sincerely
8. Lalu tuliskan nama lengkap anda.
9. Bila sudah mengikuti aturan di atas, maka surat resmi anda akan terlihat seperti di bawah ini:
Semoga Tips dan Cara Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Inggris yang telah saya paparkan di atas dapat membantu anda dalam membuat surat resmi bahasa inggris dengan lebih baik lagi sehingga surat yang anda buat akan tampak professional dan elegan. sebelum menulis surat resmi ada baiknya anda melihat Contoh Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris terlebih dahulu.
Itulah ulasan tentang Tips dan Cara Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Harapan kami uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terutama untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs belajarbahasainggrisi. blogspot. com (BBI) serta membaca ulasan diatas hingga selesai. Jangan lupa bahagia dan sampai jumpa di materi bahasa inggris lainnya. ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :- 5 Aspek Membaca di Dalam Bahasa Inggris yang Perlu Dikuasai » Belajar Bahasa Inggris
- Format & Contoh-Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris » Belajar Bahasa Inggris
- Contoh Discussion Text About Working At Night Terbaru! » Belajar Bahasa Inggris
- Contoh Cerpen Bahasa Inggris Tentang Persahabatan yang Harus Anda Baca » Belajar Bahasa Inggris
- Contoh Artikel Bahasa Inggris Tentang Alam Lengkap » Belajar Bahasa Inggris
- 4 Contoh Puisi Bahasa Inggris Tentang Alam Indonesia » Belajar Bahasa Inggris
- Contoh Artikel Bahasa Inggris Tentang Pendidikan Terbaru » Belajar Bahasa Inggris
- Contoh Artikel Bahasa Inggris Tentang Komputer » Belajar Bahasa Inggris
- Tips Ampuh Menjawab Soal-Soal Grammar » Belajar Bahasa Inggris
Comments
Post a Comment