KWL (Know, Want, Learn), Reading Strategy yang Harus Anda Coba di Dalam Kelas » Belajar Bahasa Inggris
Akan tetapi sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Gimana kabar kalian? Semoga sehat dan senantiasa bahagia. Kami ucapkan selamat datang di situs Belajar Bahasa Inggris (BBI). Situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Baiklah yuk langsung ke pembahasannya saja?.
Uraian Lengkap KWL (Know, Want, Learn), Reading Strategy yang Harus Anda Coba di Dalam Kelas
KWL atau merupakan singkatan dari Know, Want, Learn adalah sebuah strategi pembelajaran membaca dalam bahasa Inggris serta dapat Anda pertimbangkan sebagai strategi yang bisa Anda gunakan di dalam kelas.
Pada dasarnya, KWL adalah strategi dimana siswa terlebih dahulu Know (Mengetahui, menganalisa, memprediksi), baru kemudian Want (Mengembangkan pemikiran terhadap apa yang akan dipelajari dengan membuat pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks), setelah itu baru Learn (Menyimpulkan mengenai apa saja yang sudah dipelajari dan menjawab pertanyaan).
Secara garis besar, itulah yang akan dilakukan dalam pembelajaran reading menggunakan KWL. Untuk uraian yang lebih jelas, Anda bisa melihat penjelasan berikut ini.
K (Know)
Pada tahap ini, siswa belum membaca teks dan bersama dengan kelompoknya, mereka akan menganalisa sebuah teks. Analisa dilakukan dengan cara memikirkan kata kunci, istilah, frase, dan topik-topik yang kemungkinan muncul di dalam teks tersebut. Kemudian semua hal tersebut diorganisasikan ke dalam sebuah daftar sehingga terperinci dengan baik.
Apa tujuan dari tahap ini? Siswa beserta kelompoknya dapat menggunakan tahap ini untuk terlebih dahulu berpikir kritis serta membuat analisa mengenai hal-hal apa saja yang akan muncul di dalam teks. Teknik ini juga membantu mereka tidak asing ketika membaca teks.
W (Will, Want)
Dalam tahap want, siswa akan melakukan hal yang jauh lebih kompleks lagi. Disini, mereka akan membuat pertanyaan-pertanyaan penting mengenai hal terkait dengan tema teks. Misalkan, seorang guru telah memberikan klu bahwa teks yang akan dipelajari saat ini adalah mengenai pertanian. Sebuah kelompok siswa bisa membuat pertanyaan seperti berikut:
- Bagaimana pertanian di Indonesia bisa meningkatkan ekspornya?
- Bagaimana sistem perawatan lahan pertanian di Indonesia?
- Kenapa banyak petani yang menggunakan pestisida?
- Bagaimana cara membasmi hama dengan cara yang tepat dan cepat?
- Bagaimana cara menghasilkan tanaman-tanaman organic?
5 pertanyaan di atas bisa dihasilkan berdasarkan daftar kata kunci atau frase yang telah siswa buat di dalam tahap Know.
L (Learn)
Tahap yang terakhir adalah tahap review, menjawab pertanyaan, serta menarik kesimpulan. Di dalam tahap ini, siswa membaca teks dan setelah mempelajarinya, mereka menjawab pertanyaan, serta merangkum hal-hal penting di dalam teks.
Tujuan dari tahap ini adalah siswa tahu apa yang sedang mereka pelajari dan bukan anak-anak yang asal ikut dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru.
Itu tadi ulasan terkait KWL (Know, Want, Learn), Reading Strategy yang Harus Anda Coba di Dalam Kelas yg dapat kami sampaikan untuk Anda semuanya. Semoga saja uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, khususnya untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tidak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs belajarbahasainggrisi. blogspot. com (BBI) dan membaca ulasan diatas hingga selesai. See U next time dan salam bahagia. ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Comments
Post a Comment